Pengertian 7 OSI layer

Assalamualaikum wr.wb.
Disini saya akan sedikit berbagi ilmu mengenai OSI layer

OSI Layer Model
• Tidak adanya suatu protokol yang sama, membuat
banyak perangkat tidak bisa saling berkomunikasi.
• Open System Interconnection atau OSI layer 7 adalah
model arsitektural jaringan yang dikembangkan oleh
International Organization for Standardization (ISO) di
Eropa tahun1977.
• Sebelum ada OSI, sistem jaringan sangat tergantung
kepada vendor pemasok perangkat jaringan yang
berbeda-beda.
• Model Osi layer 7 merupakan koneksi logis yang harus
terjadi agar terjadi komunikasi data dalam jaringan.


OSI Layer
1
.Aplication Layer: lapisan ke tujuh ini menjelaskan spesifikasi untuk lingkup dimana aplikasi jaringan berkomunikasi dengan layanan jaringan dan menyediakan jasa aplikasi untuk pengguna.

2.Presentation Layer:lapisan ke enam ini berfungsi mentranslasikan data yang hendak ditransmisikan oleh aplikasi ke dalam format yang dapat ditransmisikan melalui jaringan.

3.Session Layer:lapisan kelima ini berfungsi mendefinisikan bagaimana koneksi dapat dibuat,dipelihara,atau bahkan dihancurkan.Dilapisan ini juga dilakukan resolusi nama.

4.Transport layer:lapisan keempat ini berfungsi memecah data ke dalam paket-paket data serta memberikannya nomor urut sehingga dapat disusun kembali pada sisi tujuan setelah data diterima.Pada tahap ini juga membuat sebuah tanda bahwa paket diterima dengan sukses dan mentransmisikan ulang terhadap data yang hilang ditengah jalan.

5.Network Layer:lapisan ketiga ini bertugas untuk mendefinisikan alamat alamat ip,membuat header pada paket data,dan melakukan routing melalui internetworking dengan menggunakan router dan switch layer 3.

6.Data-link Layer:lapisan kedua ini berfungsi menentukan bagaimana tiap bit data dikelompokan menjadi format yang dikenal sebagai frame.Selain itu,pada lapisan ini juga terjadi koreksi kesalahan,flow control,pengalamatan perangkat keras(seperti MAC Address)dan menentukan bagaimana perangkat jaringan seperti hub,switch,bridge,dan repeater layer 2 beroprasi.

7.Physical Layer:lapisan pertama bertugas untuk mendefinisikan media tranmisi jaringan,metode pensinyalan,sinkronisasi bit,arsitektur jaringan(ethernet dan token ring),topologi jaringan dan pengkabelan.Dilapisan ini didefinisikan pula bagaimana Network Interface Card (NIC) dapat beriteraksi dengan media kabel maupun radio

Layer Name Device Data Unit Addressing

• Apabila 7 OSI Layer susah untuk dihafal, maka
Layer 1, Layer 2 dan Layer 3 adalah suatu

keharusan, karena dapat menunjukkan

bedanya antara Hub/bridge, Switch dan Router

• Ketiganya berada di layer yang berbeda

sehingga memiliki cara kerja yang berbeda tentunya


Terimakasih atas kunjungannya

Semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian 7 OSI layer"

Post a Comment

close
loading...