Perangkat input&output

Entah kenapa saya membuat artikel ini.Tiba-tiba saya ingin membagikan pelajaran saya ketika masih di kelas X TKJ.Semoga saja dapat membantu bagi yang sedang bersekolah mengambil jurusan TKJ.

*Perangkat input
-Input device
Input device adalah alat yang digunakan untuk menerima input dari luar sistem,dan dapat berupa signal input atau maintenance input.
-Signal input
Signal input adalah data yang dimasukan ke dalam sistem komputer.
-Maintenace
Maintenace adalah program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan.
-Terminal
Terminal berfungsi ganda sebagai alat input juga alat output dan dapat digolongkan:
                -non intelligent terminal
                -smart terminal
                -intelligent terminal

*Non intelligent terminal
Non intelligent terminal hanya untuk memasukan input dan menampilkan output.Tidak dapat diprogram karena tidak mempunyai alat pemroses, Non intelligent terminal juga disebut dumb terminal.
*Smart terminal
Smart terminal mempunyai alat pemroses dan memori di dalamnya  sehingga input dapatdikoreksi kembali. Smart terminal tidak dapat diprogram oleh pemakai,hanya dapat dilakukan oleh pebrik pembuatnya.
*Intelligent terminal dapat diprogram

Peralatan yang berfungsi sebagai input terbagi menjadi dua:
1.Input langsung
Yaitu jika input yang dimasukkan langsung diprosses oleh pemroses.contoh:keyboard,pointing,device(mouse,touch screen,light pen,dan digitizer grapichs tablet),scanner,sensor,dan voice recognizer.

2.Input tidak langsung
Input tidak langsungdiproses melalui media tertentu sebelum diproses.Contoh:keypunch yang dilakukan melalui media punched card (kartu plong),key-to-tape yang merekam data ke media berbentuk pita (tape) sebelum diproses,dan key-to-disk.


*Perangkat output
Output yang dihasilkan dapat digolongkan menjadi 4
-tulisan
-image
-suara
-machine

*Peralatan output
-Hard copy device:alat untuk mencetak tulisan atau gambar pada media keras seperti kertas
-Soft copy device: alat untuk menampilkan gambar tulisan atau gambar pada media sotfware yang berupa sinyal elektronik,contoh:tampilan pada monitor.

-Drive device:alat untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media seperti magnetic disk atau magnetic tape.Alat ini berfungsi ganda,sebagai alat input dan .output

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perangkat input&output"

Post a Comment

close
loading...