Dasar-dasar jaringan,ip Address,gateway,subnet Mask,dns,broadcast,dan IP network


Dasar-dasar jaringan

1.pengertian IP Address

Alamat IP (Internet Protokol Address) adalah deretan angka biner antara 32 bit - 128 bit yang digunakan sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan internet.Panjang dari angka ini adalah 32 bit (untuk IP v4), dan 128 bit (untuk IP v6), yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan internet berbasis TCP/IP

2.Pengertian Gateway

Gateway atau yang sering disebut juga dengan “Gerbang Jaringan” merupakan sebuah perangkat yang dapat memudahkanpengguna komputer dan internet. Salah satu aplikasi atau contoh dari penggunaan Gateway yang dapat kita lihat adalah pada Email. Seperti yang kita tahu bahwa pertukaran email dapat dilakukan meskipun dalam sistem yang tidak sama. Kini, seiring dengan semakin merebaknya penggunaan internet, pengertian Gateway pun sering melakukan pergeseran atau mengalami salah arti. Banyak orang yang menyamakan Gateway dengan Router, tapi sebenarnya Gateway dan Router adalah dua perangkat yang berbeda.

3.Pengertian Subnet Mask

Subnet Mask adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada angka biner 32 bit yang digunakan untuk membedakan network ID dengan Ostid,menunjukan suatu host apakah berada di jaringan lokal atau jaringan luar.

4.Pengertian DNS (Domain Name Server)

Distribut data base system yang digunakan untuk pencarian nama komputer (Name Resolution) pada jaringan yang menggunakan TCP/IP (Transmission Control Protokol/Internet Protokol).DNS biasa digunakan pada aplikasi yang terhubung ke internet seperti web browser/email,dimana DNS membantu memetakan host Name komputer/ip komputer.

5.Pengertian Broadcast

Digunakan untuk mengirim atau menerima informasi yang harus diketahui oleh seluruh host yang ada pada suatu jaringan.Seperti diketahui pada setiap paket IP memiliki header alamat tujuan berupa IP Address dari host yang akan dituju oleh paket tersebut.Dengan adanya alamat ini,maka hanya host tujuan saja yang memproses paket tersebut,sedangkan host lain akan mengabaikan nya.

6.Pengertian IP network

Segmen jaringan,dengan kata lain bisa disebut juga sebagai pengelompokan suatu jaringan dengan batasan yang dibuat dan didefinisikan oleh router dalam 1 jaringan LAN maka IP network tentu akan sama.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dasar-dasar jaringan,ip Address,gateway,subnet Mask,dns,broadcast,dan IP network"

Post a Comment

close
loading...